APAKAH ANAK ANDA SERING MENANGIS? INI DIA SOLUSINYA

00.44




Sebagai orang tua pasti kita berharap punya anak yang tidak cengeng dan mudah diatur. Butuh kesabaran yang extra untuk untuk mendidik seorang anak, namanya juga anak kecil. Apalagi ketika anak kita sering menangis, baru ditinggal sebentar saja langsung nangis. Sampai sampai kita tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah, untuk itu anda harus punya cara untuk bisa membujuk, memberi pengertian juga bisa berkomunikasi dengan anak.

Jika anak anda suka menangis karena alasan yang tidak jelas, atau karena sebab yang sulit dipahami. Jangan sampai anda memarahi, mengancam atau menghukumnya, karena itu bisa membuat psikologis anak jadi terganggu. Maka dari itu anda perlu mempraktekan beberapa tips sederhana ini supaya anak anda tidak mudah nangis dan mudah nurut sama orang tua.

Pertama: pahami dulu kenapa dia menangis. Kebanyakan orang tua hanya akan marah atau tidak sabar ketika melihat anaknya menangis, mereka jarang sekali mencari tahu kenapa anaknya menangis. Misalnya anak kita sedang bermain tapi tiba tiba dia menangis, seorang ibu yang lagi sibuk pasti langsung memarahinya tanpa mencari tahu apa penyebabnya. Bisa jadi dia menangis karena kakinya tersandung atau perutnya digigit semut atau yang lainya. Untuk itu anda harus mencari penyebabnya, jika sang anak terluka segera diobati supaya nangisnya tidak berlarut larut.

Kedua: berkomunikasi pada anak, bukan berarti kita harus berdiskusi pada anak dan bicara panjang lebar. Yang dimaksud berkomunikasi disini adalah mengajak bicara pelan pelan “kenapa menangis dek, cup cup gak apa apa tidak usah takut, ayah/ibu tidak marah koq”. Jika mendengar ucapan seprti itu pasti sang anak akan sedikit lebih tenang. Dengan begitu, sang anak juga akan lebih nyaman berada didekat orang tuanya tanpa rasa takut. Atau ketika anak pengen beli sesuatu tapi tidak berani ngomong dan hanya menangis. Orang tua harus bijak dan berkata, "Coba bicara baik-baik sama ayah, adik mau apa? Tidak usah menangis." atau "Kalau adik nangis, bunda jadi gak tau apa maunya adik. Coba bicara baik-baik apa maunya adik." Dengan cara ini anak akan belajar bagaimana mengungkapkan keinginannya dengan cara yang baik tanpa harus menangis.

Ketiga: jangan pernah berkata "Dasar anak cengeng!" dalam beberapa kasus yang terjadi, ketika orang tua marah saat anaknya sedang menangis dan berkata kasar bahkan terkadang melabeli anaknya sendiri dengan sebutan anak cengeng. Kata kata ini akan terekam kedalam otak bawah sadar sang anak, sehingga membentuk karakter cengeng pada anak itu sendiri. Sebagai orang tua, kita harus senantiasa berhati hati ketika bicara/marah kepada anak. Karena apa yang kita ucapkan akan dingat terus oleh sang anak.

Keempat: ajak dia bermain, ketika anak anda sedang menangis coba dekati dia dan bujuk dengan kata kata yang halus kemudian ajak dia bermain. Kira kira mainan apa yang disukainya, segera ambil dan berikan kepada dia. 70% cara ini berhasil membuat anak berhenti menangis.


Kelima: ajaklah dia jalan jalan, dengan berjalan jalan dia akan lupa dengan masalah yang membuat dia menangis. Anda bisa menggendongnya atau mengajak dia naik sepeda/motor sambil diajak bicara supaya dia benar benar lupa dengan masalahnya. Survey menunjukan bahwa seorang anak akan tetap terus menangis apabila dia tetap ingat dengan kejadian yang membuat dia menangis. Alihkan perhatianya supaya dia tidak ingat dengan masalahnya.

Keenam: pura pura tidak tahu kalau dia lagi nangis, Menurut sebuah paradigma teori stimulus respon, sebuah perilaku yang tidak memperoleh penguatan, maka lama-kelamaan akan mengalami penghentian. Hal itu juga berlaku pada seorang anak, jika dia menangis, pura puralah tidak tahu. Selang beberapa saat dia pasti akan berhenti nangis. Jika sudah berhenti menangis, mulailah anda memberikan nasihat. Bisa melalui cerita atau dengan penjelasan yang relevan.

Ketujuh: memberi pujian pada anak, Pujian yang tepat akan sangat efektif bagi proses merubah perilaku sang anak. Saat dia berhasil melakukan sesuatu yang positif maka segeralah beri dia pujian atau memberi pujian ketika anak sudah dapat mengendalikan emosinya dan menghadapi masalahnya. Lama kelamaan dalam otak bawah sadarnya akan terekam segala bentuk hal hal yang positif.

Yang terakhir: memberikan ketenangan dan kenyamanan dalam pikiranya, hal ini sangat penting sekali karena akan menentukan karakter sang anak ketika dewasa nanti. Lalu bagaimana caranya? Caranya sangat mudah sekali, sebelum anak anda tertidur pulas perdengarkan suara suara yang lembut supaya pikiranya rileks. Jika anda kesulitan, anda bisa menggunakan CD Musik Terapi GelombangOtak Self Confidence For Children. Dengan terapi ini sang anak bisa jadi lebih tenang dan tidak mudah menangis. satu hal lagi bahwa CD Musik Terapi Gelombang Otak Self Confidence For Children tidak ada efek sampingnya dan aman digunakan untuk anak anak. Ingat! Kesejahteraan anak adalah segala-galanya jika anda salah mendidik, maka kelak anda akan menyesal untuk selama-lamanya. kami juga juga menyediakan terapi untuk anak autis, terapi down syndrome dan beberapa terapi untuk anak juga untuk kesehatan, info lebih lanjut klik disini















You Might Also Like

0 komentar