12 Cara Mudah Melatih Imajinasi, Agar Semakin Kreatif

19.54

pengertian imajinasi,  kata kata imajinasi,  kata imajinasi,  imajinasi kreatif,  arti imajinatif,  kata kata imajinasi tinggi,  melatih imajinasi otak kanan,  cara mudah berimajinasi,  cara melatih imajinasi menggambar,  cara meningkatkan imajinasi menggambar,  memperkuat imajinasi,  ciri orang imajinasi tinggi,  cara berimajinasi tinggi,  langkah menggambar imajinatif

Imajinasi adalah ide ide dan pemikiran seseorang yang terbentuk dari renungan/khayalan yang melewati batas nalar manusia. Pemikiran dan juga ide ide itu kemudian diproses oleh otak menjadi sesuatu yang berbeda yang dapat dilihat oleh mata, atau dapat didengar oleh telinga dan dapat dirasakan, sehingga memiliki estetika yang tinggi. 

Contohnya saja seorang pelukis yang menuangkan imjinasinya tentang bencana gunung meletus yang meluluh lantahkan sebuah desa yang dihuni oleh banyak penduduk. Gambaran ide dan khayalanya dituangkan diatas kanvas lalu menjadi sebuah lukisan yang indah dan menggetarkan hati siapapun yang melihatnya. 

Seorang musisi ketika melihat suatu bencana besar contoh saja tsunami, kemudian dia menunangkan imajinasinya kedalam lirik lirik lagu yang dia tulis. Dan alhasil lagu yang dia ciptakan dengan imajinasi yang tinggi dapat membuat merinding setiap yang mendengarnya. 

Berikut adalah cara meningkatkan imajinasi kreatif : 

        1.   Mencari dan menyukai keterampilan baru 

pengertian imajinasi,  kata kata imajinasi,  kata imajinasi,  imajinasi kreatif,  arti imajinatif,  kata kata imajinasi tinggi,  melatih imajinasi otak kanan,  cara mudah berimajinasi,  cara melatih imajinasi menggambar,  cara meningkatkan imajinasi menggambar,  memperkuat imajinasi,  ciri orang imajinasi tinggi,  cara berimajinasi tinggi,  langkah menggambar imajinatifSeseorang yang selalu ingin tahu pada hal hal yang baru atau penasaran kepada hal yang belum diketahuinya adalah termasuk orang orang yang kreatif. Mencari dan menyukai keterampilan yang baru dapat meningkatkan rasa semangat dan akan mempertajam daya imajinasi untuk dikembangkan kearah yang lebih luas lagi

    2.   Melatih permainan menyusun kata 

Permainan menyusun kata adalah permainan yang melatih otak agar lebih teliti dan lebih sabar, cara ini menjadi kunci utama dalam meningkatkan daya imajinasi supaya lebih kuat. Imajinasi akan datang ketika seseorang mempunyai kesabaran dan juga ketelitian dalam hal berfikir. Melatih otak  dalam permainan menyusun kata lewat teka teki silang dapat menyehatkan sel sel otak dan mermperbaiki daya ingat secara simbolik. 

       3.   Melatih ingatan 

Latihlah ketajaman ingatan otak anda dengan melatih berhitung dengan kecepatan dan ketepatan. Menulis pada buku dengan kejujuran tentang apa yang tidak anda sukai atau yang anda sukai juga dapat mempertajam ingatan anda. 

Rajin mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung vitamin B kompleks, Juga dapat membuat ingatan yang tajam dan selalu tepat.  Vitamin tersebut mampu memperbaiki dan mencegah kerusakan sel otak , juga melancarkan peredaran darah dan pembuluh darah disekitar otak. Otak yang sehat selalu dapat berfikir dengan positif dan lebih imajinatif. 

       4.   mengendalikan suasana hati 

Ketika seseorang sedang merasa jenuh, gelisah, kecewa, sedih dan sebagainya, maka perlahan lahan akan membuyarkan daya konsentrasi anda dalam berfikir. Mengembangkan bakat dan minat adalah salah satu cara terbaik untuk mengendalikan suasana hati anda agar tetap tenang. mampu mengendalikan suasana hati berarti akan mempermudah seseorang mengembangkan pemikiran pemikiran yang baru. 

       5.   Memanfaatkan insting alami dengan baik 

Manusia mempunyai insting alami yang berbeda beda, dan banyak manusia yang mampu menggunakan instingnya dalam berkarya atau menciptakan penemuan-penemuan baru. Tapi tidak sedikit pula yang belum bisa mengasah instingnya dengan baik, sehingga tidak bisa memiliki kreatifitas dalam mengembangkan bakat yang ada pada dirinya. 

       6.   Bersosialisasi dengan orang orang kreatif 

Bergaulah dengan orang orang yang kreatif yang mempunyai jiwa seni tinggi yang memiliki tujuan, kesamaan minat dan cara berfikir yang sama dalam hal mencari sesuatu dengan ide ide baru. Sering berinteraksi dengan orang orang kreatif cenderung akan merubah cara berfikir kita menjadi lebih pandai dalam hal memanfaatkan instuisi. cara meningkatkan imajinasi kreatif juga bisa dilakukan dengan mengikuti seminar.

       7.   Berinteraksi dengan alam 

Orang orang yang sering berinteraksi dan bersahabat dengan alam daya imajinasinya akan lebih baik dan juga lebih sensitif. Karena keindahan alam selalu mampu membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang. Berekreasi ke daerah pegunungan atau berlibur ke pantai akan menumbuhkan rasa decap kagum dan rasa bersyukur pada sang pencipta. perasaan tersebut mampu meningkatkan daya imajinasai secara alami. 

       8.   Melatih mental 

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan, ketika kegagalan melanda hendaknya menerima dengan lapang hati dan menjadikannya sebagai keberhasilan yang tertunda. Yakinlah bahwa kegagalan bisa diperbaiki dengan rasa percaya diri, kita adalah orang orang yang mempunyai keterampilan unik yang tidak semua orang memilikinya. keyakinan yang besar dapat meningkatkan imajinasi seseorang karena didalam keyakinan yang kuat terdapat sebuah kebanggaan dan ambisi yang harus dicapai. 

       9.   Tuangkanlah ide lewat tulisan atau lukisan 

pengertian imajinasi,  kata kata imajinasi,  kata imajinasi,  imajinasi kreatif,  arti imajinatif,  kata kata imajinasi tinggi,  melatih imajinasi otak kanan,  cara mudah berimajinasi,  cara melatih imajinasi menggambar,  cara meningkatkan imajinasi menggambar,  memperkuat imajinasi,  ciri orang imajinasi tinggi,  cara berimajinasi tinggi,  langkah menggambar imajinatif

Ketika anda sedang kecewa, sedih, bahagia atau sedang kesal, cobalah menuangkan perasaan itu lewat tulisan atau lukisan. Saat anda menuangkannya lewat karya seni maka yang akan muncul adalah hasil seni yang jujur, asli dan mempunyai nilai estetika yang sangat imajinatif dan kreatif. karena lewat cara  itulah orang orang bisa memahami apa yang sedang anda rasakan tanpa harus lagi bertanya pada anda. 

       10. Melatih untuk berpikir positif 

Pikiran negatif tentang apapun juga dapat menghambat dan menyumbat kreatifitas seseorang, walau sebenarnya orang itu sangat kreatif . Pikiran negatif juga selalu menggagalkan ide ide baru yang akan muncul dan sering menghancurkan niat untuk berkarya atau beraktifitas. Maka hindarilah berpikir negatif dan mulailah berlatih untuk gemar berfikir yang baik baik , berprasangka baik pada orang lain, tidak mudah menyalahkan orang lain. pandai menghargai dan menghormati karya orang lain dan tidak menghina pendapat orang lain yang bertentangan dengan kita. 

       11. Melatih otak kiri dan kanan 

Seringlah melatih imajinasi kreatif anda dengan otak kecil melalui kecepatan dan ketepatan berhitung tanpa menggunakan kalkulator atau belajar menulis dengan menggunakan tangan kiri. setelah itu latihlah otak kanan dengan cara menulis sebuah artikel atau sebuah kisah tanpa dibantu siapapun. Dengan melatih otak kiri dan otak  kanan, akan mampu meningkatkan daya imajinasi menjadi lebih tajam dan lebih kreatif. 

       12. Melatih imajinasi dengan terapi gelombang otak 

Terapi  Gelombang Otak bekerja dengan cara melatih/menstimulasi gelombang otak Anda agar masuk pada rentang frekwensi tertentu. Dengan begitu otak kita dapat kita stimulasi pada frekwensi rendah supaya kita mendapatkan ketenangan. Dan dengan ditemukannya mesin EEG (electroencephalogram) maka dapat dipetakan frekwensi-frekwensi yang berhubungan dengan kondisi psikologis dan fisiologis manusia. 

Terapi gelombang otak ini menirukan frekwensi tersebut untuk melatih gelombang otak Anda. Terapi ini sangat efektif,  karena Anda tidak perlu melatih diri Anda untuk mengontrol pikiran seperti latihan meditasi, yoga, self-hypnosis/hypnosis, visualisasi atau afirmasi. Namun jika Anda menggabungkan terapi gelombang otak dengan teknik-teknik tersebut maka Anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa.

Semua hal yang anda lakukan pasti akan berdampak pada diri anda, itu semua adalah cara cara untuk meningkatkan imajinasi kreatif.

untuk info masalah kesehatan fisik anda bisa mengunjungi website seputar kesehatan di: www.rumahherbalis.com
  



You Might Also Like

0 komentar