CARA MENGENDALIKAN EMOSI NEGATIF

23.38


Cara mengendalikan emosi negatif

Bagaimana cara mengendalikan emosi negatif? Sebelumnya perlu anda ketahui dulu bahwa emosi itu ada yang positif dan ada yang negatif. Kalau emosi positif itu sudah bagus, tapi kalau emosinya negatif perlu kita kendalikan. Menurut seorang ahli psikolog di inggris mengatakan bahwa emosi adalah keadaan perasaan dan reaksi psikologis seseorang, seperti: bahagia, sedih, terharu, cinta dan marah.  Dalam keseharian,   emosi sering diidentikkan dengan marah. Padahal, makna emosi sendiri cakupannya lebih luas. Sedangkan marah termasuk dalam bagian emosi yang negatif. 

Emosi pada diri seseorang sebenarnya tidak dapat dihilangkan, tetapi bisa diarahkan atau dikendalikan.  Sehingga emosi seseorang menjadi stabil dan tidak dominan pada emosi negatif. Bila emosi tidak terkendali dapat menyebabkan lemahnya daya fikir seseorang, fungsi akal tidak maksimal juga bisa menyebabkan pengambilan keputusan yang tidak matang.

Jangan biarkan emosi negatifmu terus berlanjut. Karena emosi negatif yang tidak segera dikendalikan, dapat membuat buruk keadaan. Dan janganlah anda hanyut dalam kemarahan, karena kemarahan adalah akibat dari emosi negatif sesaat, yang akan mengakibatkan kebencian. 

Sebelum bertindak berfikirlah dengan tenang terlebih dahulu, fikirkan apa yang akan terjadi kalau sampai anda marah marah. Tentu keadaan akan semakin buruk dan ruputasi anda akan hancur, kemudian yang terjadi hanyalah penyesalan. Memang tidak mudah untuk mengontrol emosi negatif, tapi setidaknya anda bisa berlatih mengendalikan emosi itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara mudah agar anda lebih bisa mengendalikan emosi negatif :


·        Kontrol pikiran anda

Karena segala sesuatu berawal dari pikiran kita, jadi kamu bisa mengontrolnya dengan cara mengalihkan emosi menuju hal hal yang positif. Berfikir benar akan membuahkan tindakan yang benar, sedangkan jika kita berfikir salah maka kitapun akan melakukan tindakan yang salah pula. Saat amarahmu terpancing, hal pertama yang kamu lakukan adalah diam. Jangan biarkan mulutmu mengeluarkan kata kata yang tidak sopan apalagi sampai mengumpat/menghujat. Mungkin kata kata itu keluar secara reflek, tapi sebenarnya kita masih bisa mengendalikanya dengan cara berfikir yang positif.

·         Ambil nafas yang panjang

Mengapa kita harus menghirup nafas yang panjang saat sedang marah? Karena pada saat kita marah, darah mengalir keatas sampai ke kepala dan sewaktu kita menarik nafas panjang oksigen akan masuk ke ruang otak dan menstabilkan tekanan darah yang ada di kepala. Sehingga kita bisa lebih relaks, dan juga menjadikan fikiran kita lebih tenang.

·         Fokus kepada kelebihan anda

Sering kali seseorang emosi karena ada rasa rendah diri (minder). Memang setiap orang punya kekurangan, tapi jika kekurangan itu menjadi fokus pikiran anda otomatis anda akan jadi orang yang sensitif dan mudah tersinggung. Untuk mengatasi hal itu, coba fokuskan perhatian anda pada kelebihan kelebihan anda, saya yakin setiap orang pasti punya kelebihan. Misalnya anda pandai main catur, sering sering lah bermain catur karena anda pandai dan sering menang, hal itu akan membuat anda lebih percaya diri dan tidak mudah emosi. Bila karakter anda mudah emosi, maka bergaulah dengan orang yang secara status sosial/ prestasi dibawah anda. Anda akan merasa lebih dari pada mereka sehingga anda tidak lagi sering marah.

·         Ubah cara fikir anda

Pada dasarnya kita dapat memberi arti yang berbeda-beda terhadap suatu kejadian. Contohnya ketika kita sedang makan direstoran, ada 2 orang yang duduk di dekat meja  kita sedang tertawa, maka kita punya berbagai pikiran. Pertama, kita berpikir bahwa orang itu pasti menertawakan kita sehingga kita menjadi emosi, atau kita ubah pikiran kita dengan berpikir bahwa orang tersebut tertawa sendiri dengan temanya, dan tidak ada hubungannya dengan kita. sehingga emosi kita tidak terpancing, Teknik ini disebut dengan cognitive reappraisal.

·         Lakukan teknik relaksassi/meditasi

Bila semua cara yang sudah diuraikan diatas belum berhasil mengubah sifat pemarah anda, ada baiknya anda melakukan meditasi. Tujuan meditasi adalah memusatkan dan menenangkan pikiran, hingga akhirnya anda dapat mencapai tingkat kesadaran dan ketenangan batin yang lebih tinggi. Meditasi juga dapat membuat pikiran anda lebih rileks, sehingga anda dapat berfikir positif. Meditasi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, sehingga anda dapat mengalami rasa tenang dan damai, tidak peduli apa pun yang terjadi di sekitar Anda. 

Untuk melakukan meditasi, anda butuh suasana yang tenang dan sepi dari keramaian. Hindari suara suara yang akan mengganggu proses meditasi anda, matikan tv, matikan handphone, juga peralatan rumah yang lainya. Duduk dengan rileks, konsentrasi lalu fokuskan pikiran anda pada sesuatu yang akan membawa ketenangan. Anda bisa membayangkan indahnya pemandangan atau anda juga bisa membayangkan suasana tenang dimalam hari.

Jika anda mengalami keulitan dalam bermeditasi, kami punya solusi yang lebih mudah dengan tingkat keberhasilan 95%. Anda tidak perlu susah susah untuk konsentrasi atau menenangkan pikiran, anda cukup mendengarkan suara terapi dengan santai. Suara terapi ini akan mengarahkan gelombang otak anda menuju kondisi Alpha. Dimana kondisi Alpha mampu menenangkan pikiran, dan membuat anda jauh lebih baik dari pada sebelumnya. Untuk mengendalikan emosi dan relaksasi, anda bisa mengunakan terapi gelombang otakTotal Relaxation. Lebih datailnya tentang terapi gelombang otak Total Relaxation, anda bisa mengunjungi web kami di www.gelombangotak.com 





You Might Also Like

0 komentar