CARA MENGHILANGKAN NGANTUK SAAT BEKERJA

19.42



Sebelum kita bahas cara menghilangkan ngantuk berat saat bekerja, ada baiknya kita kenali dulu beberapa penyebab ngantuk berat itu sendiri. Karena penyebab ngantuk bukan hanya kurang tidur saja. Terkadang ada beberapa hal yang menyebabkan kita tak bisa menahan rasa kantuk. Inilah beberapa hal yang menyebabkan kita mengantuk; 

Terkena gejala penyakit diabetes. Diabetes adalah penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang dan Salah satu gejala diabetes adalah sering mengantuk. Walau sudah cukup tidur, penderita diabetes masih sering ngantuk. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar gula darah didalam tubuh.

Terlalu sering makan. Keseringan makan juga bisa berdampak pada kinerja syaraf mata kita. Otak kita akan fokus mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, akhirnya kinerja syaraf mata kita akan menurun.  

Kurang darah. Kekurangan darah pada tubuh akan menyebabkan oksigen yang masuk semakin berkurang. Sehingga tubuh menjadi mudah lelah, terasa lemas dan mudah mengantuk.

Kebanyakan pikiran. Seseorang yang berada dalam kondisi tertekan/terlalu banyak pikiran, akan membuat tidur tidak nyenyak sehingga kualitas tidurnya terganggu. Akibatnya dia jadi mudah mengantuk disaat waktu waktu tertentu dan juga malas dalam beraktivitas.

Terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkhohol. Setiap orang yang mengkonsumsi minuman beralkhohol otomatis kerja syaraf otaknya menurun, dia akan merasa tenang rileks dan suka berangan-angan. Jika hal ini dibiarkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan dia jadi pemalas dan sering tidur.

Bagaimana Cara Mengatasi Ngantuk Saat Bekerja?

Walaupun terlihat sepele tapi mengantuk dapat membuat aktivitas kerja kita menjadi kurang maksimal. Dan parahnya lagi, ngantuk dapat muncul secara tiba-tiba tanpa kita tahu gejalanya terlebih dahulu. Apalagi seseorang yang berkerja di kantor, kemungkinan mengantuk saat berkerja sangat tinggi karena dia hanya duduk didepan komputer tanpa ada aktivitas yang mengeluarkan keringat. Bila ngantuk ini dibiarkan, akan membuat pekerjaan kantor jadi kacau. Ada beberapa cara untuk mengatasi ngantuk saat bekerja:

1. Mandi air dingin

Sebelum berangkat kekantor usahakan anda mandi air dingin terlebih dahulu, kenapa harus air dingin? Karena air dingin akan merangsang kinerja syaraf syaraf yang menurun saat kita tidur di malam hari. Setelah syaraf kita bekerja secara normal, otomatis kita jadi lebih semangat dalam melakukan aktivitas.

2. Makan sebelum jam 7 pagi

Banyak orang yang tidak menghiraukan makan di pagi hari dengan berbagai alasan, ada yang sibuk, ada yang alasan diet, dan ada pula yang bilang males. Pada dasarnya tubuh  manusia memerlukan energi, jika energi itu tidak terpenuhi maka kinerja tubuh tidak maksimal. Metabolisme yang tidak optimal dapat memicu rasa kantuk.

3. Hindari minum teh berlebihan

Kandungan kafein dan tannin pada teh di ketahui dapat menghambat penyerapan zat besi yang berasal dari makanan. Setelah kita makan baiknya hindari dulu meminum teh, supaya zat besi dari makanan yang kita makan tidak terhambat. Karena  zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Jika kita terlalu sering mengkonsumsi teh, bukan tidak mungkin kita bisa menderita Anemia(kurang darah)  dan salah satu penyebab ngantuk adalah Anemia.

4. Minum air putih yang banyak

Selain bisa melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh, air putih diyakini juga bisa meningkatkan konsentrasi kita. semakin baik fokus/konsentrasi kita terhadap suatu pekerjaan maka semakin kecil pula kemungkinan kita mengantuk. Biasakan minum air putih sebelum dan sesudah makan, karena itu akan sangat membantu sistem pencernaan dalam tubuh kita. idealnya kita disarankan minum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas perhari. Biasanya seseorang yang jarang mengkonsumsi air putih akan mudah mengantuk daripada mereka yang sering mengkonsumsi air putih.

5. Olahraga secara rutin

Walaupun cuma 20 menit usahakan anda tetap berolahraga sebelum berangkat kekantor. Misalnya lari lari kecil, jogging, senam sederhana atau bersepeda keliling kompleks. Menurut penelitian para ahli kesehatan, ternyata berolahraga di pagi hari sangat penting untuk melancarkan sirkulasi darah. Meski Cuma sebentar itu sudah cukup melatih menstabilkan kerja jantung, dan sistem imun dalam tubuh menjadi lebih baik. Dijamin kamu tidak akan ngantuk saat kerja dikantor.

6. Ajak bicara teman kerja

Sesekali ajaklah bicara rekan kerja anda, jangan hanya diam dan tegang dengan pekerjaan anda. Misalnya anda menawari cemilan pada teman anda, “mau cemilan? Nih aku tadi bawa dari rumah” pasti teman anda akan merespon dengan baik. Tadinya yang sedikit ngantuk, setelah ngobrol sebentar ngantuknya jadi hilang deh. Eeiits, tapi ingat jangan keasyikan ngobrol ya, nanti kerjaan jadi gak kelar lagi.

7. Bawa makanan ringan saat bekerja

Pilihlah cemilan yang kamu sukai disamping kamu lebih semangat dalam bekerja, nyemil juga dapat menghilangkan kantuk lho. Tapi kalau bisa hindari cemilan dengan rasa manis, karna itu bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh kita. cemilan dengan rasa pedas atau asam jauh lebih baik untuk menghilangkan kantuk.

8. Ganti posisi duduk

Jika anda merasa mulai mengantuk, usahakan pindah atau geser posisi duduk anda. Dengan begitu ketegangan anda akan berkurang, sehingga sedikit menghilangkan rasa ngantuk. Jangan duduk bersandar! usahakan anda duduk tegak tanpa sandaran, itu bisa lebih meningkatkan konsentrasi.

9. Basuh muka

Bila ngantuk sudah tidak tertahankan, pergilah ke kamar mandi dan kemudian cuci muka dengan air yang agak dingin. Anda akan merasa lebih segar karna ketegangan syaraf-syaraf yang ada dimuka anda akan berubah menjadi lebih rileks.

10. Tidur sebentar

Setelah memasuki waktu istirahat sekitar jam 12.00-13.00, usahakan anda tidur sekitar 30 menit. Karena itu sangat membantu untuk menghilangkan ngantuk saat anda memulai aktivitas lagi. Dengan tidur sebentar otomatis syaraf-syaraf kita akan istirahat setelah dari pagi bekerja. Cara ini paling efektif, dan telah digunakan oleh banyak karyawan kantoran.

11. Pacu adrenalin anda

Anda bisa melakukan beberapa hal untuk memacu adrenalin anda, seperti nonton film horor selama 20 menit, isi teka teki silang atau bermain pokeran dengan teman kerja anda. Bila anda hanya melakukan hal hal monoton dalam kantor tentu anda akan merasa jenuh dan akhirnya anda mengantuk. Maka dari itu pacu adrenalin anda sesuai dengan hobi anda.

12. Konsultasi kepada dokter atau ahli kesehatan

Bila beberapa hal diatas sudah anda lakukan tapi tetap saja anda mengantuk saat bekerja, anda bisa berkonsultasi kepada ahli kesehatan. Biasanya dokter akan memberi resep resep obat untuk mengatasi kebiasaan mengantuk pada diri anda. Tapi untuk anda yang tidak suka mengkonsumsi obat obatan yang berbahan kimia dari dokter, ada satu solusi yang sangat efektif dan telah digunakan oleh banyak orang yaitu:

13. Gunakan terapi gelombang otak Healthy Sleep Patterns

Apa itu terapi gelombang otak Healthy Sleep Patterns? Terapi gelombang otak Healthy Sleep Patterns adalah sebuah terapi yang dirancang secara khusus untuk mengatasi masalah tidur yang Anda alami. Terapi ini diproduksi oleh para ahli dengan menggunakan frekwensi tertentu yang akan melakukan pemrograman melalui stimulasi gelombang otak yang ada didalam audio ini. Jika Anda memang merasa bahwa pola tidur Anda kurang baik, maka gunakanlah terapi gelombang otak ini untuk menyehatkan pola tidur Anda. Untuk anda yang punya kebiasaan mengantuk, setelah beberapa kali melakukan terapi mengunakan Healthy Sleep Patterns, maka secara otomatis rasa ngantuk anda saat bekerja akan hilang. Jangan biarkan rasa kantuk mengganggu pekerjaan anda.


You Might Also Like

1 komentar

  1. mungkin salah satu yang paling ampuh ngobrol dengan teman ...hehe btw nice artikel... :)

    kunjungi

    BalasHapus